14 Fakta menarik seputar kupu-kupu



14 Fakta menarik seputar kupu-kupu

14 Fakta menarik seputar kupu-kupu – kupu-kupu yang terlihat cantik dan indah ternyata memiliki beberapa fakta unik dan menarik yang mungkin anda tidak tahu, nah disini simak 14 fakta unik dan menarik seputar kupu-kupu berikut ini

Fakta 1


Dalam dunia serangga terdapat 165.000 spesies kupu-kupu.

Fakta 2


Kupu-kupu melihat dengan 12000 mata. Mungkin anda kaget, apa benar kupu-kupu memiliki mata 12000 ? Ya,memang benar.Kupu-kupu memiliki 12000.Mata kupu-kupu disebut mata Majemuk, yaitu mata yang berbentuk seperti belahan bola, yang membengkak pada bagian atas kepala.

Fakta 3


Indera perasa kupu-kupu ada di kaki. Kupu-kupu dapat merasakan rasa daun dengan kakinya ketika hinggap di dedaunan. Kupu-kupu mengecek apakah daun itu cukup lezat untuk dimakan ulat(anak-anaknya) kelak setelah menetas apa tidak.

Fakta 4


Nama asli butterfly (kupu-kupu) adalah flutterby.

Fakta 5


Sayap kupu-kupu yang indah sebenarnya transparan, tetapi karena perbedaan kecerahan di setiap lapisan tipis sayapnya, sayap kupu-kupu menjadi terlihat bewarna-warni.

Fakta 6


Kupu-kupu merupakan serangga holometabola yang mengalami metamorfosis sempurna. Telur ? Ulat ? Kepompong ? Kupu-kupu.

Fakta 7


Setelah menetas dari telur hingga menjadi kupu-kupu, ulat mengalami peningkatan besar tubuh sampai 27.000 kali.

Fakta 8


Beberapa kupu-kupu ada yang tidak pernah makan karena tidak punya mulut. Kupu-kupu tersebut bertahan hidup hanya dengan energi yang dikumpulkan ketika menjadi kepompong.


Fakta 9


Mata kupu-kupu berbentuk seperti belahan bola yang membengkak pada bagian atas kepala dan biasanya disebut mata majemuk, karena saat meneropong objek yang akan dilihatnya kupu-kupu menggunakan 12000 mata terbuat dari ratusan mikroskopis, enam sisi lensa yang memungkinkan mereka untuk melihat ke segala arah secara bersamaan. Mata nya digunakan dalam fokus yang tajam. Kupu-kupu dapat melihat sinar ultraviolet, yang oleh manusia tak terlihat. Aspek ini membantu mereka untuk mencari nektar pada bunga.

Fakta 10


Apa yang menjadi ciri dari kupu-kupu itu sedang berdiri? Ya, sayapnya tegak. Lihat saja saat kupu-kupu itu hinggap di atas daun atau bunga, pasti sayapnya berdiri. Jika saja saat berada di atas bunga, tapi sayapnya terbentang, berarti kupu-kupu itu belum menginjakkan  kakinya di bunga. Melainkan terbang dengan jarak yang sangat dekat.
Previous
Next Post »