Perbedaan Antara Ngengat dan Kupu kupu




Perbedaan Antara Ngengat dan Kupu kupu

Hayoo kira kira gambar diatas kupu kupu ataukan kodok ? :D yaa itu adalah kodok gan :D sambil merem. Hampir mirip bukan dengan kupu - kupu ? Itu adalah Ngengat .. Masih penasaran dan bingung ? simak lebih detail ulasan berikut ini

Ngengat adalah serangga yang berhubungan dekat dengan kupu-kupu dan kedua-duanya termasuk ke dalam Ordo Lepidoptera. Perbedaan di antara kupu-kupu dan ngengat lebih dari sekadar taksonomi. Kadang nama "Rhopalocera" (kupu-kupu) dan "Heterocera" (ngengat) digunakan untuk memformalisasikan perbedaan mereka.
Berikut beberapa perbedaan penting antara Ngengat dan Kupu-kupu :

Antena Ngengat  dan Kupu-kupu


Perbedaan yang paling jelas adalah antena. Kebanyakan kupu-kupu memiliki antena tipis berserabut ramping yang berbentuk klub di akhir. Ngengat sering memiliki sisir-suka atau antena berbulu, atau berserabut dan unclubbed. Perbedaan ini adalah dasar untuk divisi taksonomi awal di Lepidoptera keluarga – Rhopalocera (‘tanduk dipukuli’, kupu-kupu) dan Heterocera (‘bervariasi tanduk’, ngengat).

Sayap Ngengat dan  Kupu-kupu


Banyak ngengat memiliki frenulum yang merupakan filamen yang timbul dari hindwing dan kopling dengan duri pada sayap depan tersebut. Frenulum dapat diamati hanya ketika spesimen adalah di tangan Anda. Beberapa ngengat memiliki lobus pada sayap depan yang disebut ‘jugum’ yang membantu dalam kopling dengan hindwing tersebut. Kupu-kupu Namun kekurangan struktur ini.


Kebanyakan kupu-kupu berwarna cerah sayap. Ngengat nokturnal di sisi lain biasanya polos coklat, abu-abu, putih atau hitam dan sering dengan menutupi pola zigzag atau berputar yang membantu menyamarkan mereka saat mereka beristirahat pada siang hari. Namun banyak hari-terbang ngengat berwarna cerah, terutama jika mereka beracun. Beberapa kupu-kupu juga polos berwarna, seperti kubis putih kupu-kupu.

Ngengat Pupa dan kupu-kupu pupa


Beberapa ulat ngengat berputar kepompong terbuat dari sutra. Ulat bermetamorfosis menjadi tahap pupa di dalam kepompong. Kebanyakan kupu-kupu di sisi lain merupakan kepompong terbuka yang juga disebut ‘kepompong’ yang menggantung dari ranting dan kulit pohon.


Namun, ada banyak pengecualian tergantung pada spesies ngengat atau kupu-kupu. Misalnya, ngengat Elang membentuk kepompong terbuka yang, bagaimanapun, berada di bawah tanah. Ngengat gipsi kadang membentuk kupu-kupu ala kepompong, tergantung di ranting atau kulit pohon, meskipun biasanya mereka membuat kepompong tipis dari helai sutra dan beberapa daun, sebagian mengekspos kepompong. 


Beberapa larva kupu-kupu Skipper juga membuat kepompong di mana mereka menjadi kepompong, memperlihatkan sejumlah kecil kepompong. The Parnassius larva kupu-kupu membuat kepompong tipis untuk pupation dan mereka menjadi kepompong dekat permukaan tanah antara puing-puing.

Struktur Moth Tubuh dan Struktur Tubuh Kupu-kupu


Ngengat cenderung memiliki tubuh gemuk dan berbulu atau berbulu yang tampak, sedangkan kupu-kupu memiliki ramping dan halus perut. Ngengat memiliki skala yang lebih besar pada sayap mereka yang membuat mereka terlihat lebih padat dan halus. Butterflies di sisi lain memiliki sisik halus. Perbedaan ini mungkin karena kebutuhan untuk ngengat untuk melestarikan panas selama malam dingin sedangkan kupu-kupu mampu menyerap radiasi matahari.

Kegiatan Ngengat dan Kupu-kupu


Kebanyakan ngengat aktif di malam hari (tidur pada siang hari dan aktif di malam hari) atau kusam (terutama aktif selama senja) sementara sebagian besar kupu-kupu adalah diurnal (aktif pada siang hari dan beristirahat pada malam hari).

Bentuk Tubuh ngengat dan Kupu-kupu


Ngengat biasanya beristirahat dengan sayap mereka menyebar ke sisi mereka. Kupu-kupu sering melipat sayapnya di atas punggung mereka ketika mereka bertengger meskipun mereka kadang-kadang akan ‘berjemur’ dengan sayap mereka menyebar untuk periode singkat. Namun beberapa kupu-kupu, seperti Skipper, dapat memegang sayap mereka datar atau dilipat atau bahkan di-antara (posisi yang disebut ‘pesawat jet’) ketika bertengger.


Previous
Next Post »

1 komentar:

Write komentar
abreeananacht
AUTHOR
4 Maret 2022 pukul 16.25 delete

The Star Grand at The Star Gold Coast - JTM Hub
The Star Grand at The 춘천 출장안마 Star Gold Coast 서울특별 출장안마 is a world-class 김해 출장샵 integrated 광주 출장샵 resort 성남 출장안마 offering luxurious accommodation, world-class entertainment,

Reply
avatar