Mahasiswa Asal Padang Bertolak ke Jepang Untuk Selamatkan Kupu-kupu


Mahasiswa Asal Padang Bertolak ke Jepang Untuk Selamatkan Kupu-kupu

Kupu-kupu langka dari famili Papilionidae yaitu Troides Helena Keberadaannya diyakini sebagai salah satu dari spesies  yang terancam punah.  Perburuan liar yang menjadikan hewan ini sebagai cinderamata diyakini sebagai penyebab menurunnya populasi Troides Helena secara drastis.

Kondisi ini yang membuat sejumlah mahasiswa dari Universitas Gajah Mada melakukan penelitian terkait keragaman adaptasi hewan langka ini.
 

Jenis orthoptera dan trogon saat ini juga terancam punah Menurut Ruri ketertarikannya meneliti Troides helena inilah yang mendorongnya untuk melakukan penelitian selama dua bulan di Ehime University, Jepang.

Selain Ruri, mahasiswi Biologi lainnya, Ridesti Rindyastuti, juga melakukan penelitian sama di Ehime University dengan biaya dari JASSO (Japan Student Services Organization). “Awal November hingga akhir Desember penelitiannya. Cuma kita beda peminatan untuk penelitiannya,” papar mahasiswi asal Padang itu.

Menurut  Ketua Program Studi S2 Fakultas Biologi, Dr. Diah Rachmawati, M.Si, jumlah mahasiswa yang mengikuti seminar proposal kali ini sebanyak 134 orang mahasiswa angkatan 2013/2014 yang berasal dari enam peminatan, yaitu Botani, Zoologi, Ekologi dan Ekologi Konservasi, Mikrobiologi, Genetika dan Biologi Molekuler serta Biosains.

“Selama dua hari ini diharapkan bisa mempersiapkan mahasiswa dalam penelitian tesis dan nantinya sekaligus akan mempercepat studi mahasiswa,” kata Diah.

Sementara itu Wakil Dekan Bidang  Akademik dan Kemahasiswaan, Dr. Budi Setyadi Daryono, M.Agr.Sc., menambahkan dari 134 mahasiswa yang mengikuti seminar, 39 diantaranya berasal dari daerah Terpencil, Terluar dan Tertinggal (3T), seperti Aceh, Ambon, Kalimantan, Papua dan Sulawesi.

“Ini salah satu strategi kami supaya mahasiswa bisa lulus tepat waktu bahkan lebih cepat,” pungkas Budi. (Klikpositif.com)
Previous
Next Post »