Mengenal Kupu Kupu Sayap Kaca dari Pegunungan Andes




Mengenal  Kupu Kupu Sayap Kaca dari Pegunungan Andes

Pada umumnya, kupu-kupu memiliki sayap yang beraneka warna dan indah, namun di daerah pegunungan Andes, terdapat kupu-kupu dengan sayap transparan alias bening seperti kaca.

Dalam bahasa Inggris, kupu-kupu sayap kaca sering disebut glasswing butterfly. Di Spanyol, kupu-kupu cantik tersebut dinamai espejitos, yang berarti cermin.

Kupu-kupu ini bila terkena sinar matahari, warna sayap serangga dengan nama latin Greta oto ini bisa berubah menjadi kuning, oranye, hijau, dsb. tergantung di mana kupu-kupu tersebut berada.

Mengapa Kupu-kupu ini terlihat transparan ?

Sebenarnya, semua jenis kupu-kupu bersayap transparan. Namun sayap transparan itu terdiri dari sisik-sisik yang memiliki pigmen warna tertentu, yang membuatnya berwarna sesuai dengan warna pigmen yang dikandungnya.

Kenapa dinamakan kupu-kupu transparan ? karena kupu-kupu sayap kaca ini memiliki sisik sayap yang tipis dan hampir tidak ada, sehingga terkesan bening seperti kaca/transparan

Selain unik dan indah, sayap transparan kupu-kupu sayap kaca berguna untuk mengelabuhi pemangsanya. Berkat sayapnya yang bening tersebut, pemangsa seringkali terkecoh dan tidak menyadari posisi si kupu-kupu.

Tak hanya itu, tubuh kupu-kupu sayap kaca berasa pahit karena banyak mengandung alkaloid (yang berasal dari nektar yang menjadi makanannya), sehingga pemangsa enggan memakannya.

Habitat Kupu-kupu Sayap Kaca


Kupu-kupu sayap kaca bisa ditemukan di Meksiko, Panama, Ekuador, Kosta Rika, Venezuela, Kolombia, Peru, dan Bolivia.
Serangga pemakan nektar tersebut hidup di hutan tropis Pegunungan Andes pada ketinggian 1400 meter.
Previous
Next Post »