5 jenis Makanan Kupu-kupu

Kupu-kupu umumnya hidup dengan mengisap madu bunga (nektar/ sari kembang). Akan tetapi beberapa jenisnya menyukai cairan yang diisap dari buah-buahan yang jatuh di tanah dan membusuk, daging bangkai, kotoran burung, getah pohon, garam dan keringat, dan tanah basah.

1. Serbuk Sari dan Nektar


 
Kedua makanan tersebut merupakan jenis yang paling umum dikonsumsi kupu-kupu. Kupu-kupu amat tertarik dengan bunga berwarna cerah dan penuh warna.
Nektar menjadi makanan kupu-kupu karena penuh dengan nutrisi penting serta gula yang memberikan energi instan.

2. Buah Busuk


 
Buah busuk merupakan makanan favorit hampir semua jenis kupu-kupu. Buah busuk tinggi akan kandungan gula dan air yang berfungsi sebagai sumber energi dan cairan bagi kupu-kupu

3. Kotoran Hewan dan Kotoran Burung


 
Kedua jenis makanan ini juga menjadi pilihan favorit kupu-kupu.
Kotoran hewan dan burung mengandung mineral yang sangat penting untuk kelangsungan hidup kupu-kupu.
Namun penting bahwa kotoran tersebut harus berada dalam kondisi segar dan lembab sehingga memudahkan kupu-kupu untuk mengisapnya.

4. Getah Pohon


 
Kupu-kupu juga menyukai getah pohon yang mengandung berbagai nutrisi.
Sebagian kupu-kupu bisa memakan getah dari pohon yang berbeda sedangkan sebagian lain hanya menyukai getah dari pohon tertentu.

5. Garam dan Keringat


 
Kupu-kupu juga tertarik dengan natrium yang ditemukan pada garam dan keringat. Kadang-kadang Anda mungkin melihat kupu-kupu yang hinggap di tubuh manusia. Mereka sebenarnya sedang mengisap sejumlah kecil natrium dari kulit kita. Lantas makanan apa yang harus diberikan saat kita memutuskan memelihara kupu-kupu? Madu yang dilarutkan ke dalam air merupakan solusi paling mudah. Anda juga bisa memberikan makanan buah busuk pada kupu-kupu peliharaan Anda
Previous
Next Post »